Upacara Bendera MAN 1 Kota Bandung: Momen Kebangkitan Nasionalisme

Deskirpsi

Jl. H. Alpi – (HUMAS MAN 1 Kota Bandung)

Bertempat di lapangan MAN 1 Kota Bandung dilaksanakan upacara bendera yang dihadiri oleh seluruh peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan. Acara yang bertujuan meningkatkan rasa nasionalisme dan ketertiban ini dimulai dengan khidmatnya pembacaan ayat suci Al-Qur’an, Surah Al-Baqarah ayat 30-32, yang menegaskan pentingnya peran manusia sebagai khalifah di bumi.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Madrasah, Drs. H. Misbakhudin, M.M.Pd., dengan penuh semangat memimpin acara, di mana momen penting lainnya adalah pelantikan pengurus OSIS, MPK, Osma, dan Para Ketua Ekstrakurikuler. Momen ini tidak hanya simbolis, tetapi juga sebagai langkah konkret dalam membentuk kepemimpinan di kalangan siswa.

Dalam amanatnya Kepala MAN 1 Kota Bandung menekankan beberapa poin penting. Diantaranya evaluasi pendidikan karakter dan penyeragaman seragam jas almamater sebagai identitas peserta didik. “Kita perlu meningkatkan rasa bertanggung jawab dan kejujuran,” ujarnya. Selanjutnya, beliau juga menghimbau agar semua siswa memahami dan melaksanakan tata tertib secara komprehensif.

Salah satu sorotan penting dari amanat tersebut adalah keberhasilan pelaksanaan UTS untuk kelas 12 serta evaluasi untuk kelas 10 dan 11. Beliau mengajak siswa untuk melengkapi dan menunaikan tugas demi kelengkapan nilai akademik mereka. Tak lupa, beliau menyerukan kepada semua warga sekolah untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak hanya mengandalkan petugas kebersihan.

Dalam rangkaian kegiatan, Kepala Madrasah juga menyampaikan hasil kegiatan litbang diklat di Jakarta yang bertujuan meningkatkan moderasi beragama dan rasa nasionalisme di kalangan siswa. Beliau mengajak semua untuk menjaga ketertiban, gotong royong, dan kebersihan lingkungan.

Sebagai penutup acara, lagu nasional “Syukur” dinyanyikan oleh tim Paduan Suara MAN 1 Kota Bandung -Gita Swara Mansaba, menambah suasana khidmat. Pengumuman prestasi siswa juga menjadi bagian yang dinanti-nanti, di mana pencapaian dalam Taekwondo tingkat Jawa Barat pada olahraga, serta tim Pramuka yang telah mengikuti kegiatan Raimuna Daerah dan Acara Semangat Dirgantara di Yogyakarta, serta prestasi lainnya diapresiasi dengan tepuk tangan meriah.

Upacara ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi menjadi momentum untuk membangun karakter dan prestasi, mencetak generasi yang tidak hanya unggul di tingkat kota, tetapi juga siap bersaing di tingkat internasional. MAN 1 Kota Bandung terus berkomitmen untuk menjadikan siswanya sebagai insan yang berprestasi, bermutu, dan mendunia.

Kontributor: Febrina Puspa.

Galeri Kegiatan

Bagikan :

MAN 1 Kota Bandung

Terwujudnya Generasi Sains yang Berakhlak Mulia, Berjiwa Wirausaha, dan Peduli Lingkungan

MAN 1 Kota Bandung

Terwujudnya Generasi Sains yang Berakhlak Mulia, Berjiwa Wirausaha, dan Peduli Lingkungan