• header
  • header
  • banner atas modif

Selamat Datang di Website MAN 1 KOTA BANDUNG|PPDB ONLINE 2018

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


MAN 1 KOTA BANDUNG

NPSN : 20277069

Jl.H.Alpi - Cijerah Telp.022-6027957 Fax.022-6046986 Bandung 40212


info@man1kotabandung.sch.id

TLP : (022) 6027957


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 150543
Pengunjung : 56440
Hari ini : 19
Hits hari ini : 24
Member Online : 1
IP : 35.171.45.91
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PROGRAM KETERAMPILAN

 MA NEGERI 1 BANDUNG

TAHUN PELAJARAN 2016/2017

 

  1. VISI DAN MISI

 

  • VISI : Menyiapkan sumber daya manusia yang terampil, religius, mandiri, dan memiliki jiwa enterpreneurship (Kewirausahaan).

 

  • MISI
    • Menyelenggarakan pendidikan keterampilan untuk memenuhi kebutuhan pasaran kerja dunia usaha dan industri.
    • Membentuk sumber daya manusia yang berjiwa wirausaha
    • Membekali tamatan/lulusan Madrasah Aliyah yang menguasai Keterampilan di bidang Tata Busana, Las Gas Listrik, Perbaikan dan Perawatan Komputer  yang dilandasi IMTAQ
  1. TUJUAN
  • Umum
    • Membantu pemerintah dalam mempromosikan penggunaan tenaga kerja yang tersedia dan memperkecil angka pengangguran.
    • Mengurangi ketergantungan terhadap instatnsi-instansi pemerintah dan memberi semangat untuk mengembangkan usaha mandiri.
  • Khusus
    • Memberikan bekal keterampilan yang bermanfaat bagi siswa untuk mengembangkan kehidupan sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara, baik secara mandiri maupun untuk terjun ke dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangannya
    • Mengubah pemikiran dari sikap „pencari kerja“ menjadi „pencipta kerja“.

 

  1. SASARAN PROGRAM KETERAMPILAN
  2. Seluruh Peserta Didik Kelas 10, 11 melalui mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Kurikulum 2013.
  3. Peserta Didik Kelas 10 yang mempunyai minat dan bakat atau kemungkinan tidak akan/ menunda melanjutkan ke jenjang pendidkan tinggi, tetapi berkeinginan untuk bekerja atau menciptakan usaha mandiri/berwirausaha melalui mata pelajaran Lintas Minat Keterampilan Kurikulum 2013
  4. Seluruh Peserta Didik Kelas 12 melalui mata pelajaran Keterampilan Kurikulum 2006
  5. DAMPAK YANG DIHARAPKAN
  • Bagi Peserta Didik

      Peserta Didik tamatan pendidikan keterampilan dapat melakukan usaha mandiri, antara lain:

  • Tamatan dapat melatih keluarganya
  • Tamatan dapat menjadi mitra perusahaan-perusahaan
  • Dari hasil usahanya, tamatan mendapatkan dana untuk melanjutkan sekolah
  • Tamatan dapat membantu ekonomi keluarganya
  • Bagi Madrasah
    • Apabila unit usaha/produksi dapat berjalan dengan baik, hasil usaha tersebut dapat menjadi tambahan bagi dana operasional madrasah, minimal bagi unit/ program keterampilan.
    • Madrasah yang berhasil dalam melaksanakan program keterampilan dapat menjadikan aset bagi madrasah untuk menarik minat siswa baru dan menambah prestise madrasah di mata masyarakat.

 

  • Bagi Kepala Madrasah

      Kepala madrasah yang telah memimpin sekolahnya dengan sukses dari program keterampilan merupakan salah satu         kredit point sebagai prestasi atas keberhasilan programnya.

 

  • Bagi Masyarakat

      Adanya tamatan siswa keterampilan yang membuka usaha mandiri dapat mengurangi pengangguran dan turut serta           dalam mengurangi pengangguran, keterputusan pendidikan karena anak didik merupakan aset bangsa.

 

  1. PENGELOLAAN DAN WAKTU PEMBELAJARAN
    • Pengelolaan Pembelajaran
  2. Peningkatan kinerja Madrasah Aliyah secara keseluruhan intinya dimaksudkan untuk menciptakan kondisi yang kondusif agar siswa dapat belajar dengan baik sehingga mencapai prestasi yang optimal di bidang keterampilan.
  3. Proses Pembelajaran Keterampilan sebagai inti kegiatan pendidikan keterampilan di Madrasah Aliyah Program Keterampilan diukur dari ada tidaknya proses belajar keterampilan di madrasah tersebut.
  4. Pembelajaran keterampilan dalam arti interaksi yang nampak antara guru/ instruktur dan peserta didik, merupakan salah satu bagian dari sebuah rangkaian proses pembelajaran yang meliputi kegiatan pra-pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan pasca pembelajaran.

      Pengelolaan pembelajaran secara administratif dituangkan dalam bentuk:

  • Program pembelajaran (Program Tahunan, dan Program Semester)
  • Persiapan pembelajaran berupa Lembar Pengajaran (RPP/ Instructional Sheet) dan Lembar Praktek Peserta Didik (job sheet).
  • Evaluasi Pembelajaran berupa Tes Tertulis (teori) dan Tes Praktek.

 

  • Waktu Belajar

 

  • Waktu belajar program keterampilan per-jam 45 menit.
  • Alokasi waktu pelaksanaan program keterampilan pada jam belajar reguler

 

 

  1. PENILAIAN DAN SISTEM EVALUASI

 

  • Penilaian
  1. Kelas 10,11 berdasarkan sistem Kurikulum 2013, Penilaian Autentik,
  2. Kelas 12 Kurikulum 2006 :
    1. Penilaian Kegiatan dan Kemampuan Belajar (Formative Evaluation)

      Penilaian ini lebih bersifat pembinaan, oleh karena itu hasilnya terutama digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk       pembinaan secara berkelanjutan.

 

  1. Penilaian Hasil Belajar (Summative Evaluation)

      Penilaian ini dimaksudkan untuk pengumpulan informasi (data), sebagai bahan pertimbangan dalam menetapkan               tingkat keberhasilan belajar peserta didik dalam jangka waktu Dua Semester.

 

  • Sistem Evaluasi

 

  1. Dilaksanakan setiap Minggu, Tengah dan Akhir Semester
  2. Jenis evaluasi dalam bentuk teori dan praktek
  3. Diadakan tes teori dan praktek individual dan kelompok setiap akhir materi

      (Bobot teori 30 %, praktek 70 %)

           

 

  1. SISTEM PEMBINAAN DAN PENGELOLAAN

      Sistem pengelolaan dan pembinaan program keterampilan berdasarkan :

  1. KMA No. 117 Implementasi Kurikulum 2013
  2. PMA No. 90 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Madrasah
  3. SK Dirjen Pendis Nomor 1023 Tahun 2016
  4. Surat Keputusan Kepala MA Negeri 1 Kota Bandung:

        Nomor     : Ma.i/20/KP.01.2/ 1005 /2016

        Tanggal  9 Juli 2016

        Tentang : Susunan Komposisi Jabatan Struktural Organisasi Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung

 

  • Penanggung jawab : Kepala Madrasah Aliyah Program Keterampilan

                                              

  • Pelaksana program : Kepala  Program Keterampilan

                                                                      

  • Instruktur :  Guru keterampilan

 

  • Teknisi/asisten: ALUMNI program keterampilan  

 

  • Unit produksi/usaha : Dikoordinir oleh salah seorang instruktur atau guru lainnya.